Semua Hanya Karena Membaca

Bagaimana pun juga dengan membaca adalah senjata penolongmu jika tersesat akan arah, jika terlupa akan ingatan, dan jika terkikis dari kewarasan. Dengan membaca adalah bentuk antisipasi mawas diri.

Hari sabtu lalu aku tidak keluar kamar selama 24 jam penuh. Ya, bahkan jika aku memiliki persediaan makanan yang cukup aku mampu bertahan dengan tidak keluar kamar selama 2 hari: sabtu dan minggu.

Pada minggu-minggu sebelumnya aku rutin mengambil barang ke beberapa toko dan menjualkannya di online. Nah, untuk bulan puasa ini aku berhenti sementara untuk bisnis onlineku. Sementara waktu tidak menjual mukena, tas, dan baju. Sekarang aku lebih fokus pada pekerjaan diluar bisnis online. Oiya, penjelasan bisnisku selengkapnya akan aku tulis pada artikel yang berbeda ya!

Bagaimana Aku Bisa Bertahan Tidak Keluar Kamar? 



Dikarena kan aku tidak lagi rutin ke pasar setiap sabtu dan minggu untuk mengirimkan pesanan pembeli, aku luangkan waktu lapangku untuk berkarya di rumah. Aku senang menyendiri. Aku bisa sepuasnya menonton televisi. Meskipun aku tidak mempunyai TV, aku bisa tersambung live streaming melalui WIFI. Sebab di kos ku ada tersedia layanan WIFI.

Jadi aku bisa mandi, makan, minum, tidur, mendengarkan musik semua di satu tempat ini. Rumahku kamarku. Meskipun beberapa hari belakangan ini kota Jakarta mengalami cuaca yang tidak biasa, panas tak tertahankan, aku terus mengatur stategi. Begitupun kamarku, panas hingga ke ubun-ubun.

Biasanya aku selalu mengunci diri di kamar. Namun, dikarenakan panas dengan hebat, sesekali kubuka jendela kamarku lebar-lebar, ku buka pintu ku lebar-lebar. Untungnya, kamarku bisa dibilang cukup lapang, bisa untuk bernapas lega. Bisa membuatku mendapatkan inspirasi untuk menulis: syukurlah.



Apapun yang Terjadi Jangan Lupa Bersyukur


Aku bahagia dengan diriku sendiri, bahkan aku tak perlu berinteraksi dengan siapapun. Suatu waktu, aku memang tidak ingin berinteraksi dengan siapapun. Tidak ingin berbicara, tidak ingin menyapa, bahkan tidak ingin bertemu dengan siapapun. Bukan karena aneh atau memiliki sifat pendiam akut. Sebenarnya, aku perlu mereset hati dan pikiran dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Setelah itu, aku akan kembali menjadi orang normal, berinteraksi dengan orang banyak, hingga bertukar cerita.

Ketika aku menyendiri, aku tak perlu apapun. Bahkan musik sekalipun. Aku hanya perlu membaca buku. Banyak membaca membuat pikiranku semakin terasah. Sebenarnya aku tidak terlalu suka menonton TV ataupun film. Namun, jika sedang tidak membaca untuk beberapa saat, biasanya aku menghidupkan alunan musik dari balik laptop.

Berinteraksi dengan Orang Tak Dikenal 

Kamu pernah nggak sih berinteraksi dengan orang tak dikenal untuk jangka waktu yang singkat? Ya, aku suka berinteraksi dengan orang tak dikenal di berbagai suasana dan tempat. Semisal di angkutan umum, ketika sedang menumpang ojek, di pasar, dengan pemulung, dengan orang tak dikenal di dalam busway, di kereta, bahkan bandara. Bertukar cerita singkat, bahkan aku mempunyai teman dekat yang baru aku kenal di dalam bus saat perjalanan Padang-Jambi. Pertemanan dengan takdir. Begitu pikirku. Sebab, aku tak pernah menyangka mampu bertemu orang-orang hebat di sekitarku tanpa ku duga dan rencana. Namun, saranku tetap harus berjaga-jaga jika berinteraksi dengan orang tak dikenal ya!

Apapun jenis pekerjaannmu, jika kamu tidak membaca pemikiranmu tidak akan terasah. Bagiku, membaca bukan hanya soal jendela dunia, membaca lebih dari itu. Membaca bisa memberikan kita dua pilihan dalam menghadapi masalah. Menyelesaikan, atau tidak sama sekali. Sebab dengan membaca kamu bisa menghadapi masalah dengan pilihan terbaik.

Aku suka membaca sejak kecil, dulu sekali ketika aku masih SD aku sering dibekali buku dongeng yang kala itu lumayan mahal harganya, tanteku sangat senang membelikanku buku. Kumpulan dongeng-dongeng lengkap dengan gambar telah hatam aku baca sejak SD. Mungkin kelas 3 atau 4 SD. Oiya, jenis buku apa yang kita baca dapat menggambarkan kepribadian kita lho! 

Aku pun sering membongkar rak buku milik kakekku. Kakekku suka sekali membaca buku sejarah. terutama sejarah nabi dan kisah-kisah islami. Aku tak tertarik kala itu, bukan tak tertarik, namun lebih tepat nya pikiranku belum memadai. Lanjut ketika SMP aku mulai membaca novel-novel Teenlit. Hingga pada saat kelas 2 SMP aku sudah menyentuh cerita-cerita dari novelis fiksi kriminal Agatha Cristie. Aku suka memcahkan masalah dan teka-teki.

Dengan banyaknya membaca membuatku tertarik menulis sejak SMP. Aku sudah menulis satu draft novel teenlit ketika SMP yang hingga hari ini aku simpan dalam gudang draft laptopku. Bagiku, itu hanyalah perjalanan proses yang aku alami. Aku tidak berniat menerbitkannya.

Hingga pada akhirnya aku duduk di bangku kuliah sebagai mahasiswi sastra Jepang. Meskipun bukan harapanku. Inginku mendalami dunia sastra Indonesia. Namun, aku tak menyesal, dengan tak sengaja tenggelam dalam dunia kesusastraan Jepang, aku diburu pengetahuan tak terhingga, yang mungkin tidak semua mahasiswa sastra Jepang punya. Aku tertarik dengan cerpenis Akutagawa Ryunosuke dan novelis peraih nobel Yasunari Kawabata. Dengan begitu, aku mampu menyelesaikan studi dengan penelitian skripsi kumpulan cerpen Yasurani Kawabata.



Skripsiku bisa kamu baca dengan judul "Kritik terhadap Ryousai Kenbo dalam Cerpen Rikon No Ko Karya Yasunari Kawabata Pandangan Feminisme Liberal". Hingga hari ini, aku terus mendalami kesusastraan Jepang.

Bagaimana pun juga dengan membaca adalah senjata penolongmu jika tersesat akan arah, jika terlupa akan ingatan, dan jika terkikis dari kewarasan. Dengan membaca adalah bentuk antisipasi mawas diri. 

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Artikel,4,Cinta,2,featured,1,Perjalanan,6,Sastra,10,Ulasan,1,Whats Up,3,
ltr
item
Beeoni.id: Semua Hanya Karena Membaca
Semua Hanya Karena Membaca
Bagaimana pun juga dengan membaca adalah senjata penolongmu jika tersesat akan arah, jika terlupa akan ingatan, dan jika terkikis dari kewarasan. Dengan membaca adalah bentuk antisipasi mawas diri.
https://1.bp.blogspot.com/-R2Wpzil2mOU/WwYtfJwQweI/AAAAAAAAAdI/09GnVHO2oGQvJ7wTz6coVhVM88lxN2uhwCLcBGAs/s640/post%2Bnow.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R2Wpzil2mOU/WwYtfJwQweI/AAAAAAAAAdI/09GnVHO2oGQvJ7wTz6coVhVM88lxN2uhwCLcBGAs/s72-c/post%2Bnow.jpg
Beeoni.id
http://www.beeoni.id/2018/05/semua-hanya-karena-membaca.html
http://www.beeoni.id/
http://www.beeoni.id/
http://www.beeoni.id/2018/05/semua-hanya-karena-membaca.html
true
4175370477215326437
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy